Wow! Dari 34 PNS Ikut Pilkades di Merangin, Mayoritas Tumbang dan Segini yang Menang, Satu Draw

Ilustrasi
Ilustrasi /


Penulis: Himun Zuhri | Beritajam.net | Berani Beda

MERANGIN,BERITAJAM.NET -- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Merangin yang digelar pada Sabtu (14/5/2022) lalu masih menyisakan informasi yang cukup menarik.

Diantara yang menarik yaitu keikutsertaan para Abdi Negara yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada pesta demokrasi tingkat desa Enam tahunan tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun beritajam.net beberapa waktu lalu bahwa bupati Merangin telah mengeluarkan izin kepada 34 PNS di lingkup Pemkab Merangin untuk ikut Pilkades.

Dari 34 PNS yang ikut bertarung merebut kursi orang nomor satu di desa masing-masing bahwa mayoritas para calon Kades yang berlatar belakang PNS kalah alias tumbang.

Berdasarkan data yang didapatkan bahwa sebanyak 25 calon dari PNS dinyatakan kalah dan hanya 8 calon yang meraih suara terbanyak dan satu masih bersengketa karena meraih suara sama.

Adapun desa yang hasil Pilkades draw yakni Desa Lubuh Birah, Kecamatan Muara Siau dari dua calon satu diantaranya adalah berlatar belakang PNS.

Sementara delapan Calon Kepala Desa yang berlatar belakang PNS peraih suara terbanyak tersebar di Enam kecamatan, diantara Desa Kungkai Kecamatan Bangko, Rantau Kermas Kecamatan Jangkat.

Baca Juga: Hasil Pilkades Serentak di 172 Desa, Berikut Nama-nama Peraih Suara Terbanyak

Desa Rejo Sari Kecamatan Pamenang, Desa Air Batu kecamatan Tabir Ilir dan Desa Pulau Aro dan Desa Kapuk Kecamatan Tabir Ulu serta Desa Tanjung Putus dan Baru Kibul kecamatan Tabir Barat (*).