Tiga Desa di Merangin Hasil Pilkadesnya 'Draw', Berikut Aturan Penyelesaiannya

Ilustrasi
Ilustrasi /


Penulis : Himun Zuhri | Beritajam.net | Berani Beda

MERANGIN,BERITAJAM.NET -- Hasil Pilkades di Tiga Desa diantara 172 Desa yang menggelar Pilkades jauh lebih sengit. Dua calon Kades di masing-masing desa meraih jumlah suara yang sama alias draw.

Pertama, Desa Koto Renah, Kecamatan Jangkat, Dua Cakades yang bertarung yakni nomor urut 1. Badliadi dan nomor urut 2. Ewi Saputra keduanya sama-sama meraih 242 suara.

Baca Juga : Hasil Pilkades Serentak di 172 Desa, Berikut Nama-nama Peraih Suara Terbanyak

Camat Jangkat Samsul Akyar saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp terkait hal ini belum ada balasan, saat ditelepon dijawab namun tidak soal ini.

"Lagi yasinan," singkatnya.

Namun melalui warga desa setempat didapatkan informasi bahwa hasil Pilkades telah ditetapkan pemenangnya oleh panitia kepada calon nomor urut 2. Ewi Saputra berdasarkan pasal 76 ayat 3 Perbup 60 tahun 2022.

Kedua, Desa Lubuh Birah Kecamatan Muara Siau, Dua Cakades yang bertarung yakni nomor urut 1. Akyakudin melawan nomor urut 2. Alwi keduanya sama-sama meraih 178 suara.

Camat Muara Siau Junaidi saat dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan bahwa hingga saat ini belum ditetapkan siapa pemenang dari dua Cakades tersebut karena jumlah TPS hanya satu.

"Nanti biarlah berproses di tingkat PPS sesuai pasal 78 Perbub 60 itu, siapa yang akan ditetapkan," ujar Junaidi melalui sambungan telepon.

Ketiga Desa Selango Kecamatan Pamenang Selatan, Dua Cakades yang bertarung yakni nomor urut 1. Anhar berlawanan nomor urut 2. Alimin keduanya sama-sama meraih 231 suara.

Pilkades di Desa ini pemungutan suara dilaksanakan di dua TPS. Camat Pamenang Selatan Untung Triwijananto saat dikonfirmasi membenarkan kondisi ini.

Hanya saja, untuk persoalan Pilkades di Desa Selango sudah ditetapkan pemenangnya berdasarkan Perbup 60 tahun 2022 tentang Juklak Pilkades. Pasangan nomor urut dua di tetapkan sebagai Pemenang.

"Sudah kita tetapkan, berdasarkan Perbup pasal 76 ayat 2 kita tetapkan nomor 2. Lepas nanti ada sanggahan itu nanti, yang jelas tahapan sudah kita jalankan," kata Untung.

Terkait Tiga desa hasil Pilkades dengan perolehan suara sama juga dibenarkan Kepala Dinas PMD Andrie Fransusman, ia berharap diselesaikan dengan mekanisme yang diatur didalam peraturan yang sudah ada.

"Informasi yang kita dapat ada tiga desa, prosesnya saat ini masih ditingkat PPS, semoga dijalankan sesuai peraturan yang ada," kata Andrie.

Untuk diketahui, berikut bunyi Pasal 76 Perbup 60 tahun 2022, ayat (1) Calon kepala desa yang memperoleh suara terbanyak dari jumlah suara sah ditetapkan sebagai calon kepala desa terpilih.

Ayat (2) Dalam hal jumlah calon kepala desa terpilih memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari 1 (satu) calon, pada desa yang TPS lebih dari 1(satu) ditetapkan berdasarkan suara terbanyak pada TPS dengan jumlah pemilih terbanyak.

Ayat (3) Dalam hal jumlah calon terpilih yang mempunyai suara terbanyak yang
sama lebih dari 1 (satu) calon pada desa dengan TPS hanya 1 (satu), maka calon terpilih ditetapkan berdasarkan wilayah tempat tinggal dengan jumlah pemilih terbesar.

Ayat (4) Apabila calon terpilih yang memperoleh suara terbanyak berada di 1 (satu) tempat tinggal, ditempat tinggal yang sama sebagaimana dimaksud ayat
(3) dilakukan pemilihan ulang (*)