Terima Penghargaan Lencana Karya Bhakti, Al Haris: Bukan untuk Saya Tetapi Untuk Pramuka Jambi

Gubernur Al Haris saat menerima penghargaan Lencana Karya Bhakti di Bumi Perkemahan, Cibubur.
Gubernur Al Haris saat menerima penghargaan Lencana Karya Bhakti di Bumi Perkemahan, Cibubur. /


JAMBI,BERITAJAM.NET -- Gubernur Jambi Al Haris menerima penghargaan Lencana Karya Bhakti dari Gerakan Pramuka. Ia mengatakan ini bukan untuk diri pribadi tapi untuk Gerakan Pramuka di Provinsi Jambi.

Hal tersebut dikatakan Al Haris usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka Nasional ke 61 Tahun 2022 dan Pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) ke XI Tahun 2022, yang berlangsung di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/08/2022).

Kegiatan Gerakan Pramuka Nasional Tahun 2022 ini mengangkat tema Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi.

Penghargaan Lencana Karya Bhakti dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka tersebut disematkan secara langsung oleh Kepala Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso kepada Al Haris.

Al Haris menerima penghargaan ini selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jambi yang dinilai layak oleh Kwarnas mendapatkan penghargaan ini karena komitmen dan dukungan Al Haris terhadap pembinaan Gerakan Pramuka.

"Alhamdulillah, saya menerima penghargaan ini bukan untuk diri saya secara pribadi tetapi saya dedikasikan untuk Gerakan Pramuka Provinsi Jambi dan mengharapkan Gerakan Pramuka Jambi lebih baik lagi kedepannya dan terus mengukir prestasi pada tingkat nasional yang pada akhirnya dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi," ujar Al Haris.

Al Haris mengucapkan selamat kepada Gerakan Pramuka seluruh Indonesia, dimana Pemerintah Provinsi Jambi akan terus memberikan dukungan kepada Gerakan Pramuka, khususnya Gerakan Pramuka di Provinsi Jambi.

"Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk generasi muda menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak mulia, mempunyai jiwa patriotisme, taat terhadap hukum dan disiplin, menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup," kata Al Haris.

Al Haris menuturkan, kegiatan Jambore Nasional ke XI Tahun 2022 dari Gerakan Pramuka ini sangat berguna sekali bagi para generasi muda, khususnya anggota Gerakan Pramuka untuk menjadi bekal khususnya dalam membangun karakter anak anak bangsa yang handal dan berdaya saing.

Seluruh perwakilan Gerakan Pramuka dari daerah daerah hadir mengikuti Jamnas dengan antusias yang sangat luar biasa. Al Haris berharap dari kegiatan ini, semangat pramuka dari seluruh anggota dapat menjadikan pramuka semakin kuat ke depan.

Gerakan Pramuka harus terus memberikan berbagai manfaat bagi generasi muda Indonesia, terlebih lagi ditengah proses perkembangan zaman saat ini yang begitu pesat.

"Para generasi muda jangan sampai melupakan semangat Gerakan Pramuka yang sudah didirikan para pendahulu kita dan kita harus tetap meneruskan semangat tersebut, ditengah era digitalisasi saat ini dengan revolusi Industri 4.0, dimana teknologi semakin maju dan modern sangat berkembang begitu cepat," pesan Al Haris.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs.Budi Waseso, mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk selalu berdedikasi dalam setiap aktivitas dan tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa, ini sejalan dengan tema Jambore Nasional ke XI Tahun 2022.

Anggota Gerakan Pramuka terutama para peserta didik seluruh Indonesia harus menerapkan tema Jambore Nasional tersebut.

Budi Waseso mengungkapkan, Gerakan Pramuka sangat penting dalam mendidik generasi muda Indonesia agar menjadi pemuda pemuda yang memiliki karakter baik dan bertakwa serta dapat mengabdi kepada NKRI.

Anggota Pramuka harus terus meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan serta berkomitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu Satya dan Dharma Pramuka.

Pengabdian yang dilakukan Gerakan Pramuka adalah bagian dari pendidikan, dimana seja usia Pramuka Siaga, anak anak telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama.

"Siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan yang dimulai dengan cara cara sederhana pada lingkungan keluarga dan masyarakat," ujar Budi Waseso.

Dalam semua kode kehormatan Gerakan Pramuka, ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan, tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan (red).