Tahapan Pemilu 2024 Resmi Ditetapkan, Herman Efendi Pastikan Akan 'Nyabup' Bukan 'Nyaleg'

Ketua DPRD Merangin Herman Efendi, ST.,MM saat wawancara perdana dengan awak media usai dilantik sebagai anggota DPRD pada 30 Agustus 2019 lalu.
Ketua DPRD Merangin Herman Efendi, ST.,MM saat wawancara perdana dengan awak media usai dilantik sebagai anggota DPRD pada 30 Agustus 2019 lalu. /


Penulis: Himun Zuhri | Beritajam.net | Berani Beda

MERANGIN,BERITAJAM.NET -- Tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umun (Pemilu) tahun 2024 resmi ditetapkan, tahapan tersebut akan dimulai pada 14 Juni mendatang.

Hal ini berdasarkan PKPU nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 yang ditetapkan dan diundangkan pada tanggal 9 Juni 2022 kemarin.

Seiring dengan ditetapkan jadwal Pemilu tahun 2024, ketua DPRD Merangin Herman Efendi yang juga ketua DPD II Partai Golkar Merangin telah menyatakan sikap politiknya.

Pria yang akrab disapa Abong Fendi ini menegaskan sikapnya lebih awal, bahwa dia memutuskan tidak akan ikut andil dalam bursa pencalonan legislatif (Caleg) di semua tingkatan pada Pemilu 2024.

"Sebagai ketua DPD Partai Golkar, saya Herman Efendi menyatakan tidak mengikuti kontestasi PILEG 2024," kata Fendi melalui rilis yang disampaikan kepada beritajam.net.

Melainkan ia akan fokus dan konsentrasi persiapan mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 yang juga telah ditetapkan pelaksanaannya pada 27 November 2024.

"Justru kami terfokus dan berkonsentrasi untuk mengikuti PILKADA serentak 2024, Menuju Merangin HEBAT 2024," tambahnya.

Meskipun menyatakan diri tak akan mencalonkan sebagai Caleg periode 2024-2029, namun ia akan berjuang sekuat tenaga dalam memenangkan partai Golkar di Merangin.

Sebab kata Fendi, ujian kesuksesan dirinya dalam menuju Pilkada Serentak 2024 juga akan dilihat dari hasil Pemilu pada 14 Februari 2024 nanti dan bagaimana hasil yang diraih partai berlogo pohon beringin ini.

"Meski tidak nyaleg, sebagai ketua partai saya akan tetap berjuang memenangkan Golkar pada Pileg nanti, jika Golkar sukses kursi bertambah maka langkah saya juga ringan mendapatkan tiket Pilkada, begitupun sebaliknya," kata Fendi.

Saat ditanya apakah pernyataan sikap politik ini tidak terlalu dini di umbar ditambah ia memutuskan tak akan Nyaleg?. Menurutnya langkah ini sudah tepat dan telah dipertimbangkan.

"Oh tidak, bahkan langkah ini sudah tepat sebagai bukti bahwa saya begitu serius untuk mencalonkan diri sebagai calon bupati Merangin, jikapun kalah ini resiko bagi karir politik saya dan saya sudah siap," tegasnya.

Lalu, atas modal dasar apa sehingga begitu berani memutuskan tak ikut Nyaleg namun begitu 'keukeh' untuk mencalonkan diri sebagai calon bupati Merangin mendatang.

"Saya ini prajurit TNI, pensiunan pangkat kopral, tetapi alhamdulillah nasib baik berpihak kepada saya, pertama nyaleg saya jadi anggota dewan bahkan bisa langsung jadi ketua, modal saya ini, mana tahu nasib saya juga baik di Pilkada," ujarnya.

Selain itu, Fendi juga menginformasikan bahwa dengan telah ditetapkan tahapan dan jadwal Pemilu dan atas dasar instruksi DPP Partai, pihaknya telah membuka pendaftaran calon anggota legislatif.

"Putra-putri terbaik, kader-kader Golkar kabupaten Merangin sudah bisa mendaftarkan diri menjadi calon anggota legislatif kabupaten, provinsi dan DPR RI," tambahnya.

Untuk info lebih lanjut kata suami Kisul ini, dapat datang langsung ke kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Merangin yang Beralamat di Jalan Sudirman, Kelurahan Dusun Bangko (*).