STKIP YPM Bangko Siap Sukseskan Program Mendikbud Ristek 'Merdeka Belajar, Kampus Merdeka'

Suasana pertemuan Kepala LL Dikti Wilayah X Padang dengan Empat Perguruan Tinggi di Merangin
Suasana pertemuan Kepala LL Dikti Wilayah X Padang dengan Empat Perguruan Tinggi di Merangin /


MERANGIN,beritajam.net - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah X Padang, Prof. Herri mengikuti kunjungan kerja (Kunker) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI Nadiem Makarim di Kota Jambi.

Usai mengikuti Kunker tersebut Prof. Herri menyempatkan diri berkunjung ke Merangin pada Kamis (23/9/2021). Ia mengadakan dialog tentang program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka yang digagas Menteri Nadiem.

Setibanya di Merangin ia disambut oleh ketua dan dosen dari Empat perguruan tinggi di Merangin dan bertempat di Aula Kampus 1 STKIP YPM Bangko. Selain STKIP, hadir juga pihak STAI SMQ Bangko, STIH YPM Bangko, STIE YA Bangko, dan STIKES Merangin.

Adapun pembahasan dalam dialog tak luput dari program yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek tersebut. Agar menjadi mahasiswa yang mampu berkompetensi dalam keilmuan dan kreatifitas menghadapi dunia pekerjaan.

Guru besar yang telah menjabat selama dua periode di LL DIKTI Wilayah X Padang ini menyampaikan harapannya pada keempat perguruan tinggi di Merangin. Ia berharap meski berstatus kampus harus tetap mampu bersaing.

"Meski kampus swasta, kita juga harus mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri yang ada", tegasnya.

Besar harapan Prof. Herri bagi civitas akademika seluruh perguruan tinggi swasta di Merangin dapat sukseskan program gagasan eks bos Gojek tersebut soal kampus merdeka, merdeka belajar.

Sementara itu, Ketua STKIP YPM Bangko Dr. Yesi Elfisa, M.Pd. Beliau mengatakan bahwa beberapa tahun terakhir kampus hijau STKIP Bangko secara subtansi telah menerapkan program tersebut meskipun namanya beda.

"Konsep merdeka belajar, kampus merdeka sebenarnya telah kita laksanakan, ketika mahasiswa kita ke Universitas Negeri Padang (UNP)", jelasnya.

Akan tetapi saat itu namanya lanjut penyandang gelar doktor termuda ini yakni "Sit In" yang saat ini diperkuat dengan program "Student Exchange".

Lebih lanjut, kata Dr Yessi atas program yang ditetapkan menteri berumur 37 tahun ini pihaknya menyatakan kesiapan dalam menyukseskan program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

"Saya punya kepercayaan penuh pada seluruh dosen STKIP Bangko untuk merealisasikan program ini", ucap Yesi penuh keyakinan saat dibincangi beritajam.net di ruan kerjanya, Kamis (23/9/2021).

Untuk diketahui Mendikbud Ristek Nadiem Makarim melaksanakan kunjungan kerja di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah pada 21 hingga 22 September 2021 dan disambut gubernur Jambi Al Haris. (*)

Penulis : Fathuriyati Soleha
Editor    : Himun Zuhri