Semua Jamaah Haji Merangin Sudah Berada di Mekkah, Ini Informasi Terkini dari Arab Saudi

Jamaah Haji asal Merangin ketika hendak melaksanakan ibadah umroh wajib
Jamaah Haji asal Merangin ketika hendak melaksanakan ibadah umroh wajib / Sumber : Facebook Muhammad Jais


Penulis : Himun Zuhri | Beritajam.net | Berani Beda

MERANGIN,BERITAJAM.NET -- Sebanyak 197 Jamaah Haji asal Kabupaten Merangin saat ini sudah berada di Kota Mekkah, Arab Saudi. Bahkan sebagian besar selesai melaksanakan ibadah umroh wajib.

Jamaah haji asal Merangin terbagi ke dalam dua kloter yakni kloter 11 sebanyak 80 jamaah dan kloter 12 sebanyak 117 jamaah yang berangkat melalui embarkasi Batam.

Dari embarkasi Batam para jamaah diterbangkan melalui Bandara International Hang Nadim (BTH) menuju Bandara International King Abdul Aziz (BUIKA), Kota Jeddah, Arab Saudi.

Sesampai di Jeddah, para jamaah haji kloter 11 dan 12 diistirahatkan di Hotel kemudian bergerak menuju Kota Mekkah melaksanakan ibadah umroh di Masjidil Harram.

Hal ini seperti disampaikan oleh Petugas Haji Daerah (PHD) asal Jambi Sukandar Hadi dari Arab Saudi, Mekkah kepada beritajam.net pada Selasa (27/6/2022) sekira pukul 22.00 waktu setempat.

"Alhamdulillah jamaah kita sehat, sebagian besar selesai melaksanakan umroh wajib, ada beberapa jamaah yang belum dapat melaksanakan karena sedang datang bulan," kata Sukandar.

Bagi yang belum melaksanakan ibadah umroh wajib, atau yang belum sempurna umrohnya maka akan dipandu oleh petugas di lain waktu masih dalam rangkaian ibadah haji.

Memang kondisi cuaca di Mekkah, kata Sukandar sangat panas mencapai suhu 43° C pada siang hari. Dan para jamaah diminta untuk menjaga kesehatan.

Ia juga mengingatkan jamaah yang tidak memungkinkan sholat fardu di Masjidil harram, untuk tidak memaksakan diri karena jamaah diminta fokus persiapan ke Armuzna (Arafah, Muzadilifah dan Mina) yang merupakan puncak haji.

Sementara itu menurut Nur Sahid dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang bertugas di Kloter 12 mengatakan bahwa semua jamaah saat ini dalam kondisi sehat.

"Alhamdullilah untuk jamaah kloter 12 sampai saat ini dalam kondisi sehat wal afiat, cuma ada beberapa jamaah yang mengalami sakit-sakit pada bagian kaki karena keletihan," ujar Nur Sahid.

Sakit kaki yang dialami para jamaah asal Jambi karena dipicu pergerakan para jamaah haji dari asrama haji Jambi hingga ke Jeddah yang cukup memakan waktu dan jarak yang sangat jauh.

"Jamaah yang terlalu capek dan lemah dianjurkan untuk istirahat di hotel, serta minum obat yang telah kami sediakan, karena kondisi jamaah akan lebih fokus menjelang Armuzna," tambahnya.

Para petugas haji juga memohon do'a dari masyarakat di tanah air untuk jamaah haji Indonesia khususnya asal provinsi Jambi tetap dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh (*).