Plt Bupati Sholat Idul Adha di Masjid Baitul Makmur, H Mashuri: Pemotongan Hewan Qurban Meningkat

Plt Bupati Merangin H Mashuri
Plt Bupati Merangin H Mashuri /


MERANGIN,beritajam.net - Hari Raya Idul Adha 1442 H di Kabupaten Merangin, berlangsung khidmat. Lantunan takbir, tahmid dan tahlil menggema di masjid-masjid, pesantren-pesantren dan mushola-mushola, sejak tenggelamnya matahari pada Senin (19/7/2021).

Plt Bupati Merangin H Mashuri bersama Forkopimda dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Merangin, melakukan Sholat Idul Adha 1442 H, di Masjid Agung Baitul Makmur, Selasa (20/7/2021).

‘’Jadi meskipun jemaah haji Indonesia, khususnya Merangin tidak bisa menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah pada musim haji 1442 H ini dikarenakan pandemic Covid-19, kita tetap harus bersyukur,’’ ujar Plt Bupati.

Semoga lanjut H Mashuri, semua selalu diberikan kemudahan oleh Allah SWT, untuk bisa menjalankan ibadah haji dimasa yang akan datang. Tahun ini Pemerintah Saudi menutup ibadah haji untuk negara luar, mudah-mudahan tahun depan dibuka.

Plt bupati menghimbau seluruh jemaah dan masyarakat Kabupaten Merangin, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, baik dalam beribadah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Dikatakan H Mashuri, di bulan Zulhijah tepatnya tanggal 10, Allah memerintahkan kaum Muslimin untuk menyembelih hewan Qurban, agar semua senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan memupuk sifat dermawan kepada sesama.

Mengingat pandemic Covid-19, Plt bupati minta dalam memotong hewan Qurban hendaknya melibatkan panitia Qurban yang telah divaksin Covid-19.  Daging hewan Qurban hendaknya didistribusikan panitia langsung ke rumah-rumah warga.

‘’Kalau daging Qurban itu diantar langsung kepada penerimanya, akan terhidar dari kerumunan masa di lokasi pemotongan hewan Qurban. Ini penting guna memutus matarantai Covid-19.

Plt Bupati Merangin H Mashuri poto bersama pengurus Masjid dan pimpinan OPD usai sholat

Usai Sholat Idul Adha, H Mashuri dan rombongan memantau pelaksanaan pemotongan hewan Qurban di sejumlah tempat. Pemotongan hewan Qurban itu dilakukan di lokasi masjid-masjid dan tanah-tanah lapang.

Menariknya dari hasil pantauan Plt bupati tersebut, disaat masyarakat tidak bisa pergi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah, jumlah pemotongan hewan Qurban di Kabupten Merangin menjadi meningkat dari tahun sebelumnya.(kominfo)