PKL Exs Kios Terbakar Pasar Bawah Direlokasi, Hanya Bayar Sewa Lahan, Kios Bangun Sendiri

Tampak kios PKL yang terbakar pada 1 September 2021 bulan lalu.
Tampak kios PKL yang terbakar pada 1 September 2021 bulan lalu. /


MERANGIN,beritajam.net - Pemerintah Kabupaten Merangin telah memutuskan akan merelokasi Pedagang Kali Lima (PKL) yang sebelumnya berjualan di exs kios terbakar, tepatnya di depan Bank Jambi Pasar Bawah Bangko.

Setelah melakukan kajian, Pemkab akan memindahkan lapak dagangan para PKL tersebut ke arah Bukit Keramat samping Pos Polisi (Pospol) sampai ke kantor Bank BRI masih di Pasar Bawah Bangko. Lokasi itu dianggap strategis.

Adapun pola yang akan diterapkan pemerintah kepada PKL yakni membayar sewa tanah agar jauh lebih murah, untuk bangunan kios akan dibangun sendiri secara swadaya oleh para PKL tersebut namun tetap dengan aturan.

Aturan yang dimaksud yakni soal bentuk kios agar bangunan tersebut tertata dengan rapi dan terjadi keseragaman bentuk sehingga PKL wajib membangun sesuai dengan gambar yang disediakan pemerintah.

"Hasil kajian kita, kita desain disitu, kita tata dengan rapi agar jangan terlihat kumuh, paling tidak keseragaman bentuk. Nanti kita buat liter U ditengah ada kios-kios kecil," kata Fajarman dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (6/10/2021).

Lalu, terhadap PKL yang terlebih dahulu menempati lokasi tersebut, Fajarman mengatakan pemerintah akan tetap mengakomodir dan bergabung dengan para PKL korban kebakaran 1 September 2021 bulan lalu.

"PKL yang sudah duluan ado 4, dan itu kita minta diakomodir, jika awalnya 34 sehingga menjadi 38," tambahnya.

Lebih lanjut kata Fajarman, dimana tempat rencana relokasi akan dibuatkan SK sebagai daerah khusus yang diperuntukan sebagai lokasi PKL agar tidak ada yang menganggap ilegal.

Sementara itu, di lokasi exs kios terbakar pemkab tetap berkomitmen tidak akan menjadikan lokasi berjualan bagi pedagang, namun akan menjadi lahan parkir khusus dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

"Di sana sudah ada sarana olahraga, sementara lokasi parkir tidak ada, sehingga lokasi tersebut akan kita buat tempat parkir khusus," sambung Fajarman.

(Himun Zuhri/Beritajam.net)