PKL di Depan Rumah Sakit Umum Ditertibkan Satpol PP Tanpa Perlawanan, Lapak Dagangan di Bawa ke TPA

Suasana penertiban PKL di depan RSUD Kol Abundjani Bangko
Suasana penertiban PKL di depan RSUD Kol Abundjani Bangko / Depa


Penulis: Himun Zuhri | Betitajam.net | Berani Beda

MERANGIN,BERITAJAM.NET -- Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di trotoar jalan tepat berada di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kol Abundjani Bangko akhirnya ditertibkan.

Penertiban dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Merangin pada Senin (15/8/2022) pagi tanpa perlawanan. Hal ini dilakukan karena aktivitas PKL sudah menggangu ketertiban umum.

Sebelum ditertibkan puluhan PKL ini telah diberi peringatan oleh Satpol PP pada Jum'at (12/8/2022) pekan lalu, agar para PKL membongkar sendiri lapak dagangannya.

Namun hingga Senin pagi lapak tersebut tak kunjung dibongkar, akhirnya satu pleton anggota Satpol PP Merangin membongkar puluhan lapak PKL, bahkan ada lapak berupa mobil yang memakan badan jalan.

Penertiban ini dipimpin oleh Kasi Operasional Satpol PP Merangin Husni Hilal. Ia mengatakan bahwa sebelum penertiban telah dilakukan pendekatan secara persuasif agar para PKL membongkar sendiri.

"Ya kita tertibkan karena sudah menggangu ketertiban, ini kan trotoar untuk pejalan kaki bukan untuk berdagang. Jumat lalu saya sendiri kesini beri peringatan," terang Husni dibincangi di lokasi.

Untuk lapak yang tidak dipindahkan oleh pedagang kata Husni pihaknya yang akan membawa langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Langling bukan dibawa ke kantor.

"Untuk apo bawa ke kantor, yang pemilik tidak memindahkannya lapaknya langsung kami bawa ke TPA, bagi yang mau, ambil sendiri di TPA," tegas Husni.

Hingga berita ini dirilis, proses penertiban oleh Satpol PP masih berlangsung dan menunggu pedagang memindahkan satu unit mobil yang sudah tak hidup namun dijadikan lapak dagangan.

Untuk diketahui bahwa para PKL selain berdagang di trotoar jalan yang menggangu arus lalu lintas juga merusak pemandangan karena lapak dagangan tepat berada di depan komplek rumah dinas (*)