Pj Bupati Merangin Apresiasi Pembukaan STQH XXVII, Mukti Sebut STQH Merupakan Ajang Menggemakan Syiar Islam

Suasana acara
Suasana acara /


MERANGIN,BERITAJAM.NET - Pj Bupati Merangin, Mukti sangat mengapresiasi sekali pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) XXVII tingkat Nasional, yang digelar di Arena MTQ Kota Jambi, Senin (30/10/2023) malam.

STQH XXVII tingkat Nasional di Provinsi Jambi itu jelas Mukti, merupakan ajang ‘menggemakan’ syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan Kalam Illahi, tidak hanya di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, tapi juga seantero Nusantara.

Hal senada juga diungkapkan Sekda Merangin Fajarman yang turut hadir pada acara pembukaan STQH XXVII tersebut. STQH XXVII terang Fajarman, ajang kompetisi baca, hafal dan tafsir Al-Qur'an dan Hadits antar provinsi se-Indonesia.

‘’STQH XXVII menggemakan kesucian Al Quran, memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Qur'an bagi umat Islam,’’ujar Sekda Merangin dibenarkan sejumlah kepala OPD di jajaran Pemkab Merangin yang hadir.

Al-Quran lanjut Sekda, menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi dan keharmonisan, sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa.

STQH XXVII tingkat nasional yang berlangsung meriah dan spektakuler itu, dibuka Wakil Presiden RI, H Ma’aruf Amin ditandai dengan pemukulan beduk bersama Yusuf Kalla, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur Jambi H Al Haris.

Dikatakan Ma’aruf Amin, Al-Qur’an dan hadist merupakan warisan yang ditinggalkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam. ‘’Al-Quran dan hadist harus kita jadikan pedoman dalam hidup kita,’’tegas Wakil Presiden (Wapres) RI.

Al-Qur’an lanjutnya, tidak hanya sekedar membaca huruf demi huruf dengan tajwid dan tiraah dan juga dilombakan, tapi haris dipelajari maknanya, mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jambi H Al Haris berterimakasih atas kedatangan Wapres RI Ma’aruf Amin dan seluruh undangan yang hadir pada acara pembukaan STQH XXVII tingkat nasional di Provinsi Jambi.

‘’Terimakasih kepada Menteri Agama yang telah menunjuk Jambi sebagai tuan rumah STQH XXVII dan ini tugas besar yang mulia dan tidak ada rasa berat bagi kami,’’ujar Gubernur Jambi.

Seluruh masyarakat Provinsi Jambi lanjut gubernur, menyambut rasa suka cita dan penuh kegembiraan, karena STQH XXVII tersebut merupakan kesempatan membumikan Al Quran di Bumi Nusantara. (kominfo/Sup)