Jumat, 17 September 2021

Pinto Jayanegara Tebar 150 Ribu Bibit Ikan di Pulau Raman dan Danau Pauh

Penebaran ribuan bibit ikan di Lubuk Larangan Desa Pulau Raman, Kecamatan Muara Siau
Penebaran ribuan bibit ikan di Lubuk Larangan Desa Pulau Raman, Kecamatan Muara Siau /


MERANGIN,beritajam.net - Wakil ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara, BA,S.Psi., M.Si dalam agenda resesnya kali ini sekaligus menebar 150 ribu benih ikan di dua tempat yang berbeda dalam kabupaten Merangin.

Pertama Pinto menebar 50 ribu bibit ikan jenis Nilem di Lubuk Larangan Tepian Ratu dan Lubuk Lesung di Desa Pulau Raman Kecamatan Muara Siau pada Kamis (15/7/2021).

Selanjutnya penebaran benih ikan dengan jenis bibit yang sama akan ditebar di Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat sebanyak 100 ribu bibit.

Pinto mengatakan bahwa bibit yang ia bawa tersebut bantuan dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Jambi (BPBAT) Jambi yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dibawah Dirjen Perikanan Budidaya.

"Biasanya bibit ini dibawa oleh anggota DPR RI ke daerahnya dan itu diluar Jambi, makanya kali ini saya agak ngotot minta bibit ikan ini untuk ditebar di dapil saya pula," ujar Politisi Golkar kepada beritajam.net.

Putra mantan Wagub Jambi ini berharap, dengan ditebarnya bibit ini agar dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat terutama di lubuk larangan yang ikannya mulai punah dengan kondisi air sungai yang sudah tercemar PETI.

"Semoga bantuan bibit ini dapat bermanfaat dan dapat mengembalikan kondisi ikan di sungai seperti awal," ujar Pinto lagi.

Kegiatan wakil ketua DPRD Provinsi Jambi ini didampingi OPD di lingkup Provinsi Jambi, diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan, Bappeda, DPUPR, Dishub, Ketahanan Pangan, Dinkes dan Dina Pendidikan Provinsi Jambi.

Selain itu turut hadir dari OPD dilingkup Pemkab Merangin diantaranya, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan DKUKMPP Merangin serta dari pihak Bank Jambi Cabang Bangko.

Sebelum meninggalkan desa Pulau Raman Pinto sempat berdiskusi bersama warga di Kantor Desa dan warga berharap Pinto dapat memperjuangan aspirasi warga setempat di provinsi.

"Kami mohon solusi pemberantasan PETI agar bibit ikan yang ditebar tidak mati karena air tercemar, selain itu kami usul pembangunan Jembatan, lampu jalan dan jaringan internet melalui Pemprov Jambi," ujar salah satu warga kepada Pinto (*)

(Himun Zuhri/Beritajam.net)