Sekaligus untuk Menghadapi Akreditasi

Peringati HUT RI Guna Pererat Silaturahmi, RSUD Kol Abunjani Gelar Lomba Senam Cuci Tangan

Penampilan peserta lomba senam cuci tangan
Penampilan peserta lomba senam cuci tangan /


Penulis: Himun Zuhri | Betitajam.net | Berani Beda

MERANGIN,BERITAJAM.NET -- Manajemen RSUD kol Abundjani dibawah kepemimpinan dr. Irwan Kurniawan terus berbenah meningkatkan pelayanan dan mempererat silaturahmi sesama karyawan.

Seperti peringatan HUT RI ke-77 tahun 2022 ini, manajemen rumah sakit plat merah ini sepertinya tak ingin ketinggalan momen, berbagai kegiatan diluar rutinitas pelayanan kesehatan digelar.

Seperti yang dilaksankan pada Jum'at (12/8/2022) ia menggelar perlombaan senam cuci tangan antar ruangan dilingkup rumah sakit, sebanyak 21 ruangan mengirimkan utusan untuk berkompetisi pada lomba ini.

Para dewan juri lomba

Tampak peserta lomba dari berbagai utusan ruangan

Kegiatan lomba senam cuci tangan ini dipusatkan di Auditorium RSUD, pantauan di lokasi terlihat para peserta lomba begitu antusias menampilkan kreasinya dari panggung lomba.

Berbagai kreasi senam yang menggambarkan 5 momen dan 6 langkah cuci tangan ditujukkan dihadapan dewan juri dan ratusan penonton yang tak lain para karyawan rumah sakit.

Adapun dewan juri yang memberi penilaian kepada peserta lomba yakni terdiri dari perwakilan manajemen, perwakilan dokter dan perwakilan tim akreditasi.

Dibincangi di lokasi acara, Ismail Ketua panitia pelaksana mengatakan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama pihak manajemen dan dharmawanita RSUD Kol Abundjani Bangko.

Kegiatan senam cuci tangan ini diperlombakan kata pria yang akrab disapa Maeng sang Kabid Perencanaan ini dalam rangka peringatan HUT RI ke-77 guna mempererat silaturahmi sesama karyawan.

"Selain itu, 5 momen dan 6 langkah cara cuci tangan ini merupakan persiapan akreditasi dan seluruh karyawan wajib tahu tentang ini, Alhamdulillah peserta antusias ikut lomba yang sudah latihan selama ini," kata Maeng.

Lebih lanjut dijelaskan Maeng, kegiatan lomba senam cuci tangan ini bukan satu-satunya, namun ada berbagai lomba yang akan dilaksanakan selama beberapa hari ke depan, termasuk lomba ruangan.

Untuk diketahui, peserta lomba dipersilahkan membuat kreasi senam masing-masing namun dengan tetap mengedepankan pesan 5 Momen Cuci Tangan.

Diantaranya, 1. Sebelum kontak dengan pasien 2, Sebelum tindakan aseptik, 3. Setelah terkena cairan tubuh pasien, 4. Setelah kontak dengan pasien dan 5. Setelah kontak dengan linkungan di sekitar pasien.

Selain itu, senam yang ditampilkan juga mempraktekkan enam langkah cuci tangan yang benar menurut standar WHO yaitu :

1. Tuang cairan handrub (antiseptik berbasis alkohol) pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian, 3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersin. 4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci

Kemudian, 5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian dan ke 6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan (*).