Pasar Ditutup Pemdes, Pedagang Jualan di Teras Rumah Warga

Pedagang berjualan di teras rumah warga
Pedagang berjualan di teras rumah warga /


MERANGIN,beritajam.net - Dampak pembatasan agar Covid-19 tak menyebar ditengah-tengah masyarakat, salah satu langkah diambil dengan menutup aktivitas sejumlah pasar.

Seperti yang terjadi di Desa Tambang Emas Kecamatan Pamenang Selatan. Pemerintahan Desa menutup pasar tradisional di desa setempat.

Namun, ratusan pedagang ini pun tetap menggelar dagangannya memang bukan di pasar tetapi di teras-teras rumah warga disepanjang bibir jalan.

Penutupan pasar ini bukan tak beralasan, sebab sebagian besar pedagang berasal dari luar kecamatan hingga pemerintah terpaksa menutup pasar sebab 10 orang warga Merangin dinyatakan positif Covid-19.

Baik pedagang maupun pembeli mengeluhkan dengan ditutupnya aktivitas di pasar sementara tak ada bantuan dari pemerintah yang ia terima hingga saat ini.

Siman salah satu pedagang ikan asal Bangko mengatakan jika dirinya berdagang karena tuntutan ekonomi.

"Ya bagaimana lagi karena ini semua tuntutan hidup kalau tidak jualan kita dapat penghasilan darimana? Disuruh di rumah tapi tidak ada bantuan dari pemerintah" kata Siman.

Begitupun dengan Siti salah satu warga mengatakan jika berbelanja ini hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kami belanja untuk satu hingga tiga hari, ya kalau pasar ditutup kita makan apa, sudah penghasilan tidak ada ini pasar ditutup, bantuan gak ada," ujar Siti

Reporter : Himun Zuhri