Mata Pilih Hanya 35 Suara, Tetapi Panlih Sediakan 85 'Susu' untuk Pemilihan Wakil Bupati Merangin

Ketua Panlih Wabup Merangin didampingi anggota Panlih saat diwawancarai awak media pada Kamis (4/8/2022) sore.
Ketua Panlih Wabup Merangin didampingi anggota Panlih saat diwawancarai awak media pada Kamis (4/8/2022) sore. /


Penulis: Himun Zuhri | Beritajam.net | Berani Beda

MERANGIN,BERITAJAM.NET -- Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati (Wabup) Merangin sisa masa jabatan 2018-2023 telah menyiapkan logistik pemilihan diantaranya mencetak surat suara (susu).

Pemilik suara atau mata pilih pada pemilihan wakil bupati Merangin pengganti antar waktu (PAW) tersebut berada di tangan masing-masing 35 anggota DPRD Merangin, one man one vote.

Pemilihan pendamping bupati Merangin H Mashuri akan dilaksanakan pada Senin (8/8/2022) pekan depan di forum paripurna dewan, dengan sistem pemilihan tertutup.

Setelah menetapkan calon, pencabutan nomor urut dan penyampaian visi dan misi serta program kerja pada Kamis (4/8/2022). Panlih langsung telah mencetak surat suara untuk pemilihan.

Bertempat di ruang kerja Sekwan, Panlih mencetak sebanyak 85 lembar surat suara, yang terdiri dari 35 surat suara untuk sesi pertama dan 35 surat suara cadangan jika terjadi pemilihan ulang.

Selain telah menyediakan surat suara untuk sesi pertama dan pemilihan ulang, Panlih juga menambahkan 15 surat suara cadangan guna mengantisipasi kerusakan, sehingga total 85 surat suara disediakan.

"Kita nyetak pada sesi pertama sebanyak 35 surat suara, dalam proses percetakan dua yang rusak, yang rusak langsung kita hanguskan, lalu kita ganti," ujar Ketua Panlih As'ari Elwakas.

Panlih juga langsung mengantisipasi jika terjadi suara sama. "Kita juga cetak surat suara jika seandainya terjadi pemilihan ulang," kata Apuk didampingi para anggota Panlih.

Selama proses pencetakan surat suara, hingga memasukkan surat suara tersebut ke kotak dan disegel langsung disaksikan oleh tim pemantau.

"Tadi proses pencetakan dan memasukan surat suara ke kotak disaksikan oleh tim pemantau yang terdiri dari Kejaksaan, Kepolisian dan TNI," tambahnya.

Kotak suara tersebut kemudian disimpan diruang Sekwan, selama penyimpanan tersebut akan dilakukan pengamanan oleh pihak terkait, hingga diambil saat pemilihan pada Senin depan.

"Pada hari Senin (8/8/2022) nanti baru kita ambil bersama tim pemantau, lalu kita bawa ke sidang paripurna," jelasnya.

Diketahui dua Calon Wabup Merangin sisa masa jabatan 2018-2023 yang akan mengikuti pemilihan ini yakni, calon nomor urut 1. Heri S Mohza dan calon nomor urut 2. Nilwan Yahya (*).