Kondisi Harimau Pemangsa Manusia, Kurus dan Memprihatinkan, BKSDA Akan Tetap Jaga Insting Liar Harimau Tersebut

Harimau yang diamankan BKSDA Jambi
Harimau yang diamankan BKSDA Jambi /


MERANGIN,beritajam.net - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi memastikan kondisi harimau yang diamankan Sabtu (16/10/2021) sore cukup memprihatinkan. Selain fisiknya lemah tangan kanan harimau juga terluka.

BKSDA Jambi memastikan harimau yang berhasil ditangkap tim gabungan di wilayah Desa Air Batu berjenis kelamin betina, dengan panjang kurang lebih 180 cm dan perkiraan umur 10 hingga 12 tahun.

"Kondisi harimau terluka di bagian tangan depan diduga karena terjerat beberapa waktu," kata Kepala TU BKSDA Jambi, Teguh dalam konferensi pers via zoom meeting, Minggu (17/10/2021) siang.

Lebih lanjut Teguh menjelaskan Harimau yang diamankan di tempat penyelamatan satwa (TPS) BKSDA Jambi tidak dilakukan pembiusan karena kondisi fisiknya lemah dan memprihatinkan.

"Harimau tidak kita bius, karena kondisinya lemah saat ini kita sedang diberi vitamin, badannya kurus. Kita ingin memastikan insting liarnya sehingga dapat kembali ke habitatnya," kata Teguh masih dalam meeting zoom.

Saat ditanya media ini, apakah harimau yang diamankan adalah benar harimau yang telah menerkam tiga korban dua diantaranya hingga tewas tersebut. Ataukah ada potensi harimau lain?.

"Indikasinya demikian, karena harimau ini ditangkap ini tak jauh dari lokasi kejadian yang menerkam Abu Bakar, di Air Batu. Kita masih pasang perangkap dan kamera trap untuk memantau apakah masih ada harimau lain," pungkasnya (*).

(Himun Zuhri/Beritajam.net)