Jariah, Satu Diantara Dua Cakades Perempuan yang Terpilih dari 172 Desa yang Gelar Pilkades

Jariah, S.Pd Kepala Desa Terpilih Desa Danau Kecamatan Nalo Tantan
Jariah, S.Pd Kepala Desa Terpilih Desa Danau Kecamatan Nalo Tantan /


Penulis: Himun Zuhri | Beritajam.net | Berani Beda

MERANGIN,BERITAJAM.NET -- Meskipun belum diresmikan namun hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Merangin tahun 2022 telah diketahui publik.

Pilkades Serentak di 172 desa se Merangin telah selesai dilaksanakan pada Sabtu (14/5/2022). Seyogyanya sebanyak 176 desa akan menggelar Pilkades namun Empat desa akhirnya ditunda.

Baca Juga: Hasil Pilkades Serentak di 172 Desa, Berikut Nama-nama Peraih Suara Terbanyak

Salah satu yang menarik dari hasil Pilkades di 172 desa ini terdapat Dua calon kepala desa peraih suara terbanyak dari kalangan kaum hawa alias calon kades perempuan. Satu diantaranya Jariah.

Jariah adalah kades terpilih Desa Danau, Kecamatan Nalo Tantan. Wanita tiga anak ini berhasil mengalahkan Empat pesaingnya. Guru honorer ini bertarung dengan nomor urut 1 dengan perolehan 331 suara.

Sementara pada posisi kedua diraih oleh calon nomor urut 5. Iwan Sari, S.Pd.I dengan perolehan 186 suara, posisi ketiga yakni diraih calon nomor urut 3. Arifin dengan peroleh 148 suara.

Kemudian pada posisi kempat diraih calon nomor urut 4. Dedi Heriyansah dengan capaian 112 suara sementara calon nomor urut 2. Muhammad Rais berada pada posisi terakhir dengan 75 suara.

Saat dikonfirmasi, Jariah mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Desa Danau yang telah menitipkan amanah kepadanya untuk memimpin desa tersebut Enam tahun ke depan.

Ia juga berjanji ke depan akan merangkul semua pihak dan siap bekerja sama dengan semua lembaga yang ada di desa demi kemajuan Desa Danau baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan adat istiadat.

"InsyaAllah saya akan memimpin Desa Danau dengan pengelolaan keuangan dan pembangunan desa yang transparan, jujur, terbuka, adil, berprestasi serta menjunjung tinggi adat istiadat di desa," ujar alumni STKIP YPM Bangko ini.

Selanjutnya ia siap melayani segala bentuk adminitrasi kependudukan di desa tanpa dipungut biaya alias gratis termasuk urusan dokumen jual beli tanah atau sporadik.

"Di bidang pendidikan bagi yang putus sekolah saya sudah sediakan lembaga PKBM paket A, B dan C dan akan saya berikan secara gratis bagi masyarakat Danau ke depan," ujar perempuan kelahiran 10 Januari 1980 silam ini.

Teryata naluri politik istri tercinta Ilhami ini telah lama tumbuh, ia mantan politisi perempuan di Merangin bahkan ia pernah menjabat sebagai bendahara umum DPC PBB Merangin tahun 2013-2020.

Tak sampai disitu, ia juga tak tanggung-tanggung pernah menguji peruntungan sebagai calon anggota DPRD Merangin pada Pemilu 2014 lalu dari PBB. Hanya saja saat kala itu ia kalah suara dari calon separtainya.

Untuk diketahui Calon Kepala Desa lain dari kalangan perempuan sebagai peraih suara terbanyak yakni calon Kepala Desa Siau, Kecamatan Muara Siau dengan nomor urut 5. Desi Sri Asmatuti, S. Pd (*).