Indahnya Wisata Alam Bukit Seruling Batang Asai Lengkap dengan Cerita Mistisnya

Tampak Pemandangan Lepas dari Bukit Seruling dengan Penampakan Pelangi yang Begitu Indah
Tampak Pemandangan Lepas dari Bukit Seruling dengan Penampakan Pelangi yang Begitu Indah / Himun Zuhri


Penulis: Himun Zuhri | Beritajam.net | Berani Beda

SAROLANGUN,BERITAJAM.NET -- Bumi Batang Asai menyimpan begitu banyak pesona alam tersembunyi, terutama wisata alam dataran tinggi atau perbukitan.

Sebut saja diantaranya wisata Bukit Seruling, salah satu wisata alam andalan yang berada di desa Muara Air Dua, Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun.

Desa ini telah ditetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah kabupaten Sarolangun sejak beberapa tahun lalu bersama dua desa lain di dalam kecamatan Batang Asai.

Selain menyuguhkan pemandangan nan indah serta asri, dari puncak Bukit Seruling juga terlihat jelas beberapa desa yang ada di wilayah Exs Marga Batin Pengambang.

Diantaranya tampak dari ketinggian desa Muara Air Dua, Desa Batin Pengambang, Desa Desa Tambak Ratu, Desa Bukit Berantai dan Desa Simpang Narso.

Dengan kontur tanah bebatuan dan sebagian bahkan gambut. Puncak ini juga menawarkan banyak spot poto yang menarik dengan background bebukitan sesekali tampak awan putih bahkan pelangi.

Namun dibalik keindahan puncak bukit Seruling ternyata menyimpan cerita mistis yang selama ini ternyata sudah menjadi rahasia umum bagi warga Tujuh desa di Marga Batin Pengambang.

Nama Bukit Seruling diambil dari cerita mistis yang mana sejak dahulu hingga saat ini masih diyakini dari lokasi hutan belantara tersebut sering terdengar mengeluarkan suara alat musik jenis Seruling.

Konon ceritanya setiap ada warga sekitar yang meninggal dunia di usia muda dengan status bujangan atau gadis, maka dari bukit tersebut terdengar jelas riuh suara seruling pada malam hari.

Tampak salah satu desa dari puncak Bukit Seruling

Tak hanya mengeluarkan suara bunyi seruling dari bukit itu, kabarnya ada juga beberapa warga yang melihat dari kejauhan di lokasi tersebut ada cahaya terang terlihat bak sinar lampu.

Sehingga dataran dengan ketinggian 480 Mdpl itu diberi nama Bukit Seruling dan namanya masih abadi hingga saat ini, puncak bukit tersebut juga jelas terlihat dari dataran rendah wilayah pedesaan.

Dan masih ada lagi kisah mistis datang dari bukit tersebut yang masih nyata terjadi hingga saat ini berdasarkan penuturan langsung sang Kepala Desa Muara Air Dua Sukardi.

Yang mana menurut Sukardi tumbuhan Resam yang hijau tampak membungkus puncak Bukit Seruling daunnya dapat berubah warna menjadi kuning pada momen tertentu.

Dan perubahannya tak sembarang waktu, ia berubah menyesuaikan dengan kondisi tamanan padi di sawah warga di desa tersebut. Resam ikut berwarna kuning takkala padi di sawah telah menguning.

Sehingga, dengan beberapa cerita mistis tersebut pemerintah desa setempat akan mengorbitkan puncak bukit Seruling sebagai destinasi wisata baru di Kecamatan Batang Asai.

Puncak Bukit Seruling sebenarnya sudah mulai dikunjungi para penjelajah atau pencinta wisata alam dataran tinggi, puncak ini dibuka untuk umum pada tahun 2017 lalu.

Hanya saja untuk dapat menuju puncak Bukit Seruling hanya dapat diakses melalui jalan kaki yang memakan waktu tempuh tak kurang dari satu jam perjalanan.

Namun, di tahun 2022 ini, melalui anggaran Dana Desa (DD) Pemdes setempat mulai memoles bukit ini dengan memanjakan pengunjung agar dapat ke puncak via kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.

Bahkan berdasarkan pantauan langsung media ini pengunjung sudah dapat menuju puncak dengan sepeda motor dengan waktu sekitar 10 menit dan terlihat dipuncak berbagai fasilitas umum mulai digarap oleh Pemdes setempat.

Pemdes sudah mulai membangun toilet, beberapa rumah pohon dan pagar pengaman di bibir puncak bukit dan akan dibangun mushola serta kedai yang akan di sewakan untuk berjualan.

Uniknya, di lokasi ketinggian ini akan dialiri air yang berasal dari sungai yang masih aktif tepat berada di puncak bukit. Selain ini Pemdes juga berencana mengaliri listrik kepuncak bukit.

Negeri Diatas Awan

Dan lokasi ini sangat cocok bagi pengunjung untuk camping, bahkan lokasi tenda sudah disiapkan cukup luas dan ke depan Pemdes juga akan menyediakan penyewaan tenda untuk camping.

Tentu Camping di lokasi ini, akan menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, kita akan dibawa suasana seakan sedang hidup di atas awan.

Wisata Alam Bukit Seruling Amazing (*).