Tgk Idham Khalid: Kami Belum Miliki Ruangan Belajar

Gubernur Al Haris Resmikan Asrama Santri Datuk AZA dan Pendopo Datuk Zainul Abidin di Ponpes Ma'had Tabir

Gubernur Jambi Dr. H Al Haris, S.Sos., MH saat menandatangi prasasti peresmian Asrama Datuk AZA dan Pendopo Datuk Datuk Zainul Abidin, Senin (11/10/2021).
Gubernur Jambi Dr. H Al Haris, S.Sos., MH saat menandatangi prasasti peresmian Asrama Datuk AZA dan Pendopo Datuk Datuk Zainul Abidin, Senin (11/10/2021). /


MERANGIN,beritajam.net - Gubernur Jambi Dr H Al Haris meresmikan asrama santri Datuk AZA dan Pendopo Datuk Zainul Abidin di Ponpes Mudirul Ma'had Futuhul Mu'Arif Al Aziziyah, Kelurahan Mampun, Kecamatan Tabir. Senin (11/10/2021).

Gubernur didampingi Bupati Merangin H Mashuri beserta Forkopimda dan turut hadir Ketua Pembina Yayasan yakni Antoni Zeidra Abidin (AZA) yang tak lain mantan wakil gubernur Jambi beserta istri.

Pimpinan Ponpes Ma'had FMA Tabir Tengku Idham Khalid dalam sambutannya mengucapkan 'ahlan wasahlan' kepada seluruh hadirin dan ia memohon maaf atas keterbatasan dalam penyambutannya.

"Terima kasih kami yang sangat mendalam kepada ayahanda AZA dan ibu Farida yang telah menyisihkan harta dan ilmunya yang telah di transfer untuk kemajuan pondok ini," kata ustad Idham Khalid.

Kepada pemerintah provinsi Jambi wabilkhusus pemerintah kabupaten Merangin tak luput juga ia sampaikan rasa terima kasih karena telah membangun fasilitas jalan ke pondok ini.

"Namun demikian, kami masih belum memiliki ruang belajar dan selama ini sudah lima tahun belajar di atas panggung-panggung," tambahnya.

Ia berharap kepada gubernur Jambi dan Pemkab Merangin dapat memberikan fasilitas yang belum dimiliki, seperti masjid, MCK yang belum ada serta asrama putri, juga pagar keliling pondok yang masih sangat minim sekali.

"Sampai saat ini, selain jalan. Belum ada bantuan dari pemprov dan pemkab untuk bangunan megah ini full dari ayahanda AZA termasuk pendopo. Maka dari itu bantuan dari pemprov dan pemkab sangat kami butuhkan," pungkasnya.

Sementara itu gubernur Jambi Al Haris juga ikut memuji dedikasi AZA dimasa purna bhakti menghibahkan sebagian hartanya untuk pembangunan pondok pesantren ini.

"Pemprov sangat senang semakin banyak ponpes semakin banyak yang dekat dengan sekolah, Jadi tidak ada alasan lagi anak-anak kita tidak menimba ilmu pengetahuan," ujar Al Haris dalam sambutannya.

Al Haris menerangkan bahwa pada tahun anggaran 2022 pemerintah provinsi Jambi akan memberi bantuan life skil bagi ponpes dengan nilai 100 juta per pondok.

"Kita ada program 100 juta per pondok, Disnaker akan bina life skill para santri. Biar nanti tamat bisa mulai kerja selain punya skil azan," pungkas mantan bupati Merangin ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh gubernur Jambi dan pemotongan pita oleh bupati Merangin dan peninjauan asrama yang baru selesai dibangun (*).

(Himun Zuhri/Beritajam.net)