Dirawat di Padang dan Belum Dioperasi, Bayi Kembar Siam Asal Merangin Butuh Uluran Tangan

Kondisi bayi siam yang masih di incubator di RSUP M Djamil Padang
Kondisi bayi siam yang masih di incubator di RSUP M Djamil Padang /


MERANGIN,beritajam.net - Dua bayi perempuan lahir dalam keadaan kembar siam pada hari Sabtu (30/10/2021) malam sekira pukul 23.00 WIB di Rumah Sakit M Djamil Padang dengan cara operasi caesar.

Kedua bayi malang itu kini sudah berusia tujuh hari, masih dalam incubator namun belum menjalani operasi pemisahan oleh tim dokter rumah sakit.

Bayi tersebut buah cinta dan anak kedua dari pasangan Randi Sanjaya dan Yola Aprilia warga Pulau Rengas Ulu, Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin.

Pihak keluarga kini kebingungan, diperparah lagi kondisi ibu bayi tersebut Yola Afrilia sedang di rawat di ruangan ICU rumah sakit karena mengalami sesak napas.

Pihak keluarga melalui Mat Habi yang tak lain kakek bayi tersebut saat dihubungi menceritakan kondisi bayi kembar dengan kondisi fisik menyatu dari dada kebawah.

Sampai saat ini, kata Mat Habi belum mengetahui langkah apa yang akan diambil untuk memisahkan kedua cucunya karena masih menunggu keterangan pihak dokter.

"Saya dan orang tuanya jelas ingin operasi memisahkan tubuhnya agar bisa normal seperti anak biasanya, tapi kami masih menunggu dokter apakah di pisahkan atau tidak," jelasnya.

Lebih lanjut Mat Habi mengatakan biaya melahirkan memang dibiayai dengan BPJS namun belum tahu dengan biaya operasi pemisahan, yang jelas saat ini orang tua bayi tak memiliki uang.

Namun, yang mengejutkan bahwa jika tidak ada biaya maka bayi yang belum diberi nama itu kemungkinan tidak dibawa ke Bangko.

"Bayi belum diberi nama, kalau tidak ada dana mungkin anak itu tidak dibawa ke Bangko," ujarnya lagi.

Karena kondisi yang sedang susah Mat Habi mengatakan ingin meminta tolong dengan Gubernur Jambi, Al Haris.

Mat Habi berharap jika pak Gubernur Jambi berkenan, besar harapan bayi kembar siam itu dapat ia bantu.

"Kalau bisa kami nak minta tolong dengan pak Gubernur Jambi, mano tau beliau mau nolong, cuma ngato dak berani," ujar Mat Habi yang juga berasal dari Sekancing.

Sementara itu, Sekcam Bangko Barat Iwan Indrawan turut peduli atas kejadian yang menimpa warganya dan ia telah menggalang dana untuk membantu biaya bayi siam yang masih dirawat di Padang tersebut.

"Ya saya sudah galang dana juga dari para dermawan, dan kami masih membutuhkan uluran tangan para dermawan agar dapat meringankan biaya yang ditanggung keluarga," ujarnya.

Bagi para dermawan yang ingin membantu biaya pengobatan bayi kembar siam tersebut dapat menyalurkan melalui rekening orang tuanya:

Bank : BRI
No Rek : 338901048942534
An. : YOLA APRILIA

(Himun Zuhri/Beritajam.net)