Hasil Selter Tahun 2022

Dilelang Lima, Direkomendasi KASN Empat, Akan Dilantik Tiga

Ilustrasi
Ilustrasi /


Penulis: Himun Zuhri | Beritajam.net | Berani Beda

MERANGIN,BERITAJAM.NET -- Hasil Seleksi Terbuka (Selter) atau lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkup Pemkab Merangin kabarnya segera dilantik oleh bupati Merangin H Mashuri.

Hal ini dikatakan oleh H. Mashuri baru-baru ini bahwa dirinya baru menerima surat Rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk melakukan pelantikan.

"Kami baru nerima dua hari yang lalu, InsyaAllah dalam waktu secepatnya kita akan lakukan pelantikan," kata H. Mashuri.

Hanya saja, menurutnya ada tiga hasil lelang yang akan dilantik terlebih dahulu karena Dinas Perhubungan akan dilelang ulang dan Inspektorat masih menunggu proses dari Kemendagri.

"Cuma ini ada tiga yang sudah valid, untuk Perhubungan rekom KASN lelang ulang dan inspektorat menunggu dari Kemendagri," kata H Mashuri pada Kamis (16/3/2023) di SMAN 1 Merangin.

Diketahui didalam surat KASN Nomor : B-972/JP.00.00/03/2023 tanggal 07 Maret 2023 Perihal Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemkab Merangin hanya merekomendasikan empat dari lima yang dilelang.

Sementara Bupati Merangin merencanakan akan melakukan pelantikan terhadap tiga nama terlebih dahulu minus jabatan Kadishub dan Inspektur Daerah.

Yang menarik dari masing-masing tiga nama terhadap lima jabatan yang diusul oleh Bupati dan untuk jabatan Inspektur hanya direkomendasi oleh KASN dua nama.

Kepala BKPSDMD Merangin H. Ferdi Firdaus saat dikonfirmasi terkait ini menegaskan bahwa bupati dalam hal ini telah mengusulkan semua nama dari hasil lelang.

Namun, terhadap adanya satu nama yang tidak muncul dalam surat rekomendasi dari KASN tersebut itu bukan domain dirinya untuk menjelaskan.

"Kalau soal itu tanya KASN, yang jelas surat bupati telah mengusulkan seluruh nama," ujar Ferdi sembari menunjukkan surat usulan.

Ditanya kapan akan dilantik pasca rekomendasi ASN keluar dan untuk berapa Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama dari lima jabatan, tiga atau empat?.

"Saya sesuai dengan statemen pak bupati saja, soal waktu kapan ada perintah siap kita laksanakan, InsyaAllah dalam minggu ini," pungkasnya Senin (20/3/2023).

Untuk diketahui Pansel telah mengumumkan nama-nama hasil lelang pada lima lowongan jabatan pada 30 Desember 2022 akhir tahun lalu.

Lima jabatan eselon II yang dilelang yakni Dinas Perhubungan (Dishub), Asisten II Setda Merangin, Staf Ahli Bupati, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) dan Inspektorat (*).