Dewan Mau Beli Mobnas, KNPI Protes, Marliyos: Bayar Utang ke Kontraktor Itu Lebih Prioritas

Ketua DPD KNPI Merangin Marliyos, S.Pd didampingi Sekretaris Janiko, M.Pd saat mengikuti hearing di DPRD Merangin beberapa waktu lalu.
Ketua DPD KNPI Merangin Marliyos, S.Pd didampingi Sekretaris Janiko, M.Pd saat mengikuti hearing di DPRD Merangin beberapa waktu lalu. /


MERANGIN,beritajam.net - Rencana Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merangin yang akan membeli mobil dinas jabatan pimpinan dewan menuai protes keras dari aktivis kepemudaan.

Baca Juga : Keuangan Daerah Sedang Sakit Dewan Akan Beli Mobil Dinas di APBD Perubahan

Hal tersebut seperti disampaikan ketua DPD KNPI Merangin Marliyos, menurutnya ada yang lebih prioritas penggunaan uang negara tersebut yakni membayar hutang daerah kepada pihak ketiga.

"Kalau di lihat dari skala prioritas mestinya nasib rakyat yang terdampak situasi covid ini yang lebih penting, dari pada beli mobil dinas untuk pimpinan DPRD," kata Marliyos, Rabu (15/9/2021).

Menurut Marliyos, pimpinan dewan masih bisa menggunakan mobil jabatan sebelumnya yang masih sangat layak, ia menyarankan pemerintah menyelesaikan utang daerah tahun 2020 lalu kepada kontraktor.

"Padahal mobil lama masih ada, saran saya utang ke pihak ke tiga (kontraktor) tahun 2020 itu yang perlu di selesaikan terlebih dahulu. Karena ada anak istri yang menjadi tangung jawab mereka," tegas Marliyos.

Lalu, bagaimana dengan pengadaan mobil dinas bupati Merangin yang mengalami rusak parah pasca kecelakaan namun juga dianggarkan di APBD Perubahan.

"Kalau mobil bupati cuma satu yang rusak itu, ya silahkan dan itu mendesak. Kalau dari satu sudahlah pakai saja yang ada dahulu, utang daerah lebih prioritas dari pada beli mobil dinas," pungkasnya.

Untuk diketahui, Dewan berencana membeli mobil dinas untuk wakil ketua I Zaidan Ismail dan akan dianggarkan pada APBD Perubahan tahun 2021 sementara berdasarkan informasi yang dihimpun daerah masih punya utang belasan miliar kepada kontraktor (*)

(Himun Zuhri/Beritajam.net)