Dalam Sambutan Pada Acara Pelantikan, Al Haris Ingatkan Para Kades Tidak Ganti Istri

Sambutan Gubernur Jambi Al Haris
Sambutan Gubernur Jambi Al Haris /


MERANGIN,BERITAJAM.NET - Sebanyak 169 orang kepala desa (Kades) yang baru dilantik Bupati Merangin H Masahuri di lapangan kantor baru bupati Merangin, diingatkan Gubernur Jambi H Al Haris, untuk tidak ganti istri setelah resmi menjadi kepala desa, Selasa (14/6/2022).


 
Gubernur minta para kades bisa menjaga kerukunan rumah tangganya dengan baik, hingga bisa menjadi panutan warganya. Jika kades sudah bisa menjadi contoh dan tauladan warganya lanjut H Al Haris, maka kades itu akan jadilah pemimpin yang baik.
 
‘’Jangan sampai terjadi pada periode pertama jadi kades ini istrinya, kemudian  masuk periode kedua sudah ganti istri. Tolong para istri kades, awasi betul suaminya dalam bekerja memimpin desa,’’ pinta Gubernur pada pidato pelantikan 169 orang kades.
 
Selain itu kades yang baru dilantik juga dingatkan gubernur, untuk cepat merangkul lawan politik dan timnya yang kalah pada Pilkades Serentak 2022. Meskipun ada warga yang tidak memilihnya, jangan pilih kasih dalam memimpin.
 
Bupati Merangin H Mashuri usai melakukan pelantikan massal tersebut menegaskan, kades yang baru dilantik harus bisa menjaga kepercayaan masyarakat yang sudah memilihnya.
 
‘’Jalankan amanah masyarakat itu dengan sebaik mungkin, kerja dengan setulus hati dan ikhlas untuk masyarakat. Nawaitukan kerja itu untuk ibadah dan jadi ladang amal bagi kita,’’ pinta Bupati.
 
Pada kesempatan itu juga dilakukan pelantikan ketua TP PKK desa. Sebanyak 169 orang istri kepala desa tersebut, dilantik Ketua TP PKK Merangin Hj Nurhaida Mashuri menjadi ketua TP PKK desa.
 
Sementara itu Dirjen Bina Pemdes Kementeran Desa RI yang diwakili Dirktur Penataan Andministrasi Pemerintahan Desa Aferi Syamsidar Fudail, mengaku salut dengan Pemkab Merangin.
 
‘’Kades yang dilantik sekaligus mendapat gelar adat dan menjadi ketua Lembaga adat desa. Ini akan menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya di Indonesia dan menjadi bahan laporan saya ke Pak Menteri,’’ujar Aferi Syamsidar Fudail.
 
Selain dihadiri Dirktur Penataan Andministrasi Pemerintahan Desa Kementeran Desa RI, acara pelantikan  kades massal itu juga dihadiri anggota DPD RI Hj Elviana, Mantan Bupati Merangin H Nalim, Sekda Merangin Fajarman dan para akademisi.

Tampak  juga hadir Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Hesti Haris, Ketua DPRD Merangin Herman Efendi, para pejabat Pemprov Jambi dan Pemkab Merangin dan para tamu penting lainnya.
 
Pada acara itu ditayangkan video singkat, ucapan selamat atas pelantikan kades massal dari Menteri Pedesaan RI Abdul Halim Iskandar, dari Kementerian Dalam Negeri Sugito, Gubernur Jambi H Al Haris dan para pejabat lainnya.(Kmfo)