BTM Taqwa Gelar RAT ke IV Tahun Buku 2021, H Rudi Gantikan H Chaidir Sebagai Ketua

Sambutan Kepala Kemenag Merangin H Marwan Hasan yang membuka acara secara resmi
Sambutan Kepala Kemenag Merangin H Marwan Hasan yang membuka acara secara resmi /


MERANGIN,beritajam.net - Pengurus Koperasi Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) Taqwa Merangin menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2021. Acara ini digelar pada Minggu (23/1/2022) di Merangin Hotel.

Tak hanya RAT, kegiatan yang mengusung tema "Ekonomi Masyarakat Maju dan Berkah" ini sekaligus sebagai ajang pemilihan pengurus BTM Taqwa periode 2022-2025.

Ketua BMT Taqwa periode 2017-2021 H. Muhammad Chaidir dalam sambutannya mengakui selama menjabat ketua banyak kekurangan dan kealfaan. Ia berharap pengurus terpilih dapat membawa BTM lebih maju lagi.

"Mudah-mudahan peserta RAT bisa mendapat pengurus yang lebih baik, kredibel dan tangguh untuk memajukan BTM Taqwa ini. Secara pribadi dan mewakili pengurus saya menyampaikan permohonan maaf," ujar H.M Chaidir.

H. M Chaidir dalam kesempatan ini juga menjelaskan bahwa hadirnya BTM ini membantu ekonomi masyarakat dengan tujuan mengurangi praktik riba ditengah-tengah masyarakat dewasa ini.

"Atas kepercayaan dari anggota setiap tahun BTM belum pernah mengalami kerugian dan Alhamdulillah pada RAT 2021 SHU naik 487,2 persen dari RAT 2020," pungkas dewan pengawas RSUD Kol. Abundjani ini.

Selanjutnya, ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Merangin H. Sis Sumanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pengurus yang telah merintis BTM selama empat tahun ini.

"Saya mengharapkan BTM yang baru dirintis 4 tahun ini, jangan sampai mundur apa lagi bubar. Tetapi dari laporan ketua SHU meningkat artinya kondisi BTM Taqwa ini semakin maju," kata Sis Sumanto.

Ia berharap, kepada pengurus BTM Taqwa yang baru agar dapat memajukan lembaga gerakan dakwah ekonomi Muhammadiyah ini, jauh lebih baik lagi ke depan.

Sementara itu, kegiatan RAT tahun ini dibuka oleh Kepala Kementerian Agama (Kemenag ) Merangin Marwan Hasan karena dari perwakilan pemerintah daerah tidak ada yang hadir.

Marwan juga mengapresiasi gerakan ekonomi yang notabene milik Muhammadiyah yang telah mengambil peran pembangunan daerah dan ini merupakan gerakan dakwah.

"Pembangunan tak hanya tanggung jawab pemerintah tetapi partisipasi semua umat dan Muhammadiyah telah mengambil peran itu, seperti ada sekolah ada BTM. RAT BTM Taqwa ke-IV secara resmi dinyatakan dibuka," kata Marwan Hasan.

Setelah acara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan sidang-sidang dan untuk diketahui berdasarkan hasil RAT tahun 2021, telah terpilih secara voting pengurus BTM Taqwa periode 2022-2025 dengan kepengurusan sebagai berikut :

Ketua : H Rudi Siswanto
Wakil Ketua : H. Syah Johan
Wakil Ketua : Hanafi
Sekretaris : M Riady
Bendahara : H Azwar Efendi (H. Buyung)

Dengan susunan pengawas:
Ketua : H Sis Sumanto
Anggota : H. M Nafis Ismail, SH
Anggota : Teddy Yantaria Riza.

Foto bersama pengurus dan pengawas periode 2022-2025 bersama Sekretaris DKUKMPP Merangin M. Amir Tamsil

(Himun Zuhri/Beritajam.net)