Nabil Putus Sekolah Karena Kendala Biaya Pendidikan

Bocah Pemulung di Eks Kios Terbakar Pasar Bangko Itu, Kini Masuk Sekolah

Kanan: Nabil saat menjadi pemulung, Kiri: Nabil diantar Kapolres dan Kadisdikbud Merangin ke SMPN 1 Merangin
Kanan: Nabil saat menjadi pemulung, Kiri: Nabil diantar Kapolres dan Kadisdikbud Merangin ke SMPN 1 Merangin /


MERANGIN,beritajam.net - Masih ingat dengan Nabil Ardiansyah? bocah pemulung yang mengais sisa kebakaran kios terbakar di pasar bawah Bangko yang sedang putus sekolah pasca menamatkan Sekolah Dasar.

Bocah berumur 14 tahun itu memilih jadi pemulung dengan status putus sekolah karena terkendala biaya, sementara kedua orang tuanya merantau ke Pekan Baru dan ia memilih tinggal bersama pamannya di Bangko.

Baca Juga: Tak Ada Biaya Sekolah, Bocah Ini Mengais Sisa Kebakaran Kios Pasar Bawah-Demi Jadi Pemulung Lebih Mapan

Senangnya, saat ini Nabil telah resmi melanjutkan pendidikan dan masuk ke SMPN 1 Merangin, bocah malang itu kini diterima di kelas VII C berkat niat tulus Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan memfasilitasinya.

Kisah ini berawal ketika beritajam.net memberitakan Nabil yang sedang melakukan aktifitas memulung di eks kios terbakar pasar Bawah Bangko pada 27 September 2021.

Baca Juga : Temui Bocah Putus Sekolah yang Jadi Pemulung, Kapolres Merangin akan Fasilitasi Nabil Tetap Lanjut Sekolah

Mendapat informasi tersebut, Kapolres Merangin langsung merespon, dua hari setelah itu tepatnya pada 29 September ia mendatangi kediaman Nabil di Lorong Serumpun, Kebun Sayur, Dusun Bangko.

Kapolres kala itu berbincang langsung terkait status pendidikan Nabil, dan ia menawarkan agar Nabil tetap lanjut studi ke jenjang sekolah menengah pertama dan ia akan fasilitasi hingga masuk sekolah selama administrasi lengkap.

Akhirnya, pada Senin (18/10/2021) Kapolres Merangin bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H M Zubir mengantarkan dan menyerahkan siswa baru tersebut dan diterima oleh wakil kepala Ampriyadi beserta para majelis guru.

Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan mengatakan dirinya beserta pihak Dikbud Merangin secara langsung mengantarkan Nabil ke sekolah untuk melanjutkan studi-nya yang sempat terputus karena terkendala biaya.

"Alhamdulillah saya mengantarkan langsung Nabil bersama pak Kadis ke SMPN 1 Merangin, dia masuk ke kelas 7 C dengan wali kelas Ibu Salfita. Nabil langsung mengikuti mata pelajaran," kata Kapolres.

Untuk diketahui, Nabil merupakan lulusan Sekolah Dasar (SD) tahun 2021di Kecamatan Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Karena terkendala biaya ia merantau ke kota Bangko dan menjadi pemulung (*).

(Himun Zuhri/Beritajam.net).