Berikut Progres Kerja Panitia Pemilihan Wakil Bupati Merangin, Targetnya Desember Wabup Ditetapkan

Ketua Panlih Wakil Bupati Merangin As\'ari El Wakas, SH.
Ketua Panlih Wakil Bupati Merangin As\'ari El Wakas, SH. /


MERANGIN,beritajam.net - Kerja Panitia Pemilihan (Panlih) pengisian wakil bupati Merangin sisa masa jabatan 2018-2023 telah melaksanakan dua kali rapat pasca dibentuk pada Rabu (1/9/2021) lalu. Panlih saat ini masih menggodok Tata Tertib (Tatib).

Sembari menyiapkan Tatib, Panlih juga telah berkirim surat kepada bupati Merangin melalui pimpinan dewan guna meminta bupati mengirimkan dua nama calon wakil dari Partai pengusung Pilkada Merangin 2018 silam.

Hal ini dikatakan Ketua Panlih As'ari Elwakas kepada beritajam.net usai ia mengikuti rapat paripurna dewan, Kamis (16/9/2021). Apuk biasa ketua Panlih ini dipanggil menargetkan Desember wakil bupati ditetapkan.

"Saat ini masih proses Tatib, kita sudah dua kali rapat, persiapan tatib dan penyusun jadwal dan tahapan. Surat ke bupati sudah kita kirim minta dua nama calon dan tinggal bupati menyurati parpol pengusung," kata Apuk.

Panlih menargetkan bahwa bulan ini Tatib dapat disahkan, namun terlebih dahulu pihaknya akan berkonsultasi ke Biro Hukum terkait rancangan Tatib yang telah digarap Panlih.

"Target tatib kalau tidak ada masalah bulan ini disahkan di forum paripurna, namun mau dikonsultasikan ke Biro Hukum dahulu," terang Apuk.

Selain proses formil itu terang Apuk, Panlih juga membangun komunikasi dengan partai pengusung agar menyesuaikan jadwal rekomendasi partai dengan tahapan dan jadwal pemilihan.

"Kami mau komunikasi juga dengan Parpol, jadwal rekom partai keluarnya kapan, supaya jadwal di Panlih selaras dan nanti tak melakukan perubahan jadwal dengan alasan rekom partai belum ada," lanjut Apuk.

Kesimpulan sementara, sambung Apuk bahwa target Panlih proses pemilihan dan penetapan calon wakil bupati terpilih telah dilakukan pada Bulan Desember tahun 2021 ini.

"Target bulan Desember ditetapkan wakil bupati terpilih dan Panlih masih ada waktu 2 bulan untuk persiapan," pungkas politisi Demokrat ini, Kamis (16/9/2021).

(Himun Zuhri/Beritajam.net)